Home » » Fadhilah SHOLAT LIL UNSI FIL QOBRI

Fadhilah SHOLAT LIL UNSI FIL QOBRI


Fadhilah SHOLAT LIL UNSI FIL QOBRI

Sholat Lil Unsi Fil Qobri atau Sholat Unsi adalah Sholat untuk ketenangan mayit di dalam kubur.
Diriwayatkan, barangsiapa yang mengerjakannya, pada saat itu juga Alloh akan mengutus 1000 malaikat ke kuburan yang dituju, dan setiap malaikatnya membawa Nur (cahaya) dan hadiah yang akan menjadikan mayit yang berada didalam kubur menjadi tenang sampai pada hari kiamat nanti.

Dalam satu riwayat juga diterangkan bahwa orang yang mengerjakannya, tidak akan meninggal sebelum diperlihatkan tempatnya di surga kelak. Karena itulah, para ulama' mengatakan, "Beruntunglah orang yang membiasakan untuk mengerjakan sholat ini pada setiap malam dan menghadiahkan pahalanya untuk setiap mayit dari kaum muslimin".


Tata cara Sholat Unsi:

1. Mengerjakan sholat 2 roka'at dengan niat :

أصلى سنة للأنس في القبر ركعتين لله تعالى
"USHOLLI SUNNATAN LIL UNSI FIL QOBRI ROK'ATAINI LILLAHI TA'ALA"

2. Pada raka'at pertama dan kedua setelah membaca surat Al Fatihah lalu membaca :
  • A.Ayat Kursi 1 x
  • Surat At-Takatsur (Alhakumut Takatsur) 1 x
  • Al Ikhlas 10 x
3. Setelah salam, membaca do'a :

اللَّهُمَّ إِنِّي صليت هَذِه الصَّلَاة وَتعلم مَا أُرِيد اللَّهُمَّ ابْعَثْ ثَوَابهَا إِلَى قبر فلَان ابْن فلَان

Allohumma inni shollaitu hadhihis sholata, wa ta’lamu maa uridu. Allohummab a’ts tsawabaha ilaa qobri fulan (kata "fulan" diganti dengan nama mayit tersebut) bin fulan (kata "fulan" diganti dengan nama ayah mayit tersebut)

Artinya : "Ya Alloh, saya melaksanakan sholat ini dan Engkau maha mengetahui apa yang aku inginkan. Ya Alloh semoga Engkau sampaikan pahalanya pada fulan bn fulan".

Sedangkan apabila sholatnya ditujukan bagi semua orang Islam yang sudah wafat, do'anya memakai :

اللهمّ إنى صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد . اللهم ابعث ثوابها إلى قبر كل ميت من المسلمي

Allohumma inni shollaitu hadhihis sholata, wa ta’lamu maa uridu. Allahummab a’ts tsawabaha ilaa qobri kulli mayyitin minal muslimin.
Artinya: "Ya Alloh, saya melaksanakan sholat ini dan Engkau maha tahu apa yang saya inginkan, Ya Alloh semoga Engkau sampaikan pahalanya pada tiap-tiap mayyit muslim".

Demikianlah Fadhilah Solat Lil Unsi Fil Qobri dan tata cara Sholat nya semoga postingan ini dapat mengantarkan kita semua ke dalam Ridho Allah Swt. Lebih serta kurangnya saya mohon bimbingan dan bantuan dari saudara-saudara sekalian terimakasih.

Sumber:  http://huda-sarungan.blogspot.com
Advertisement

Kalender Hijriyah