Home » » Do'a Mohon Kesembuhan

Do'a Mohon Kesembuhan

Ketika kita merasakan sakit pasti keinginan kita adalah cepat sembuh, namun ketika kita sakit hendaknya bersabar, karena dengan bersabar kita akan mendapat pahala sambil kita memohon Do'a kepada yang Maha Kuasa untuk segera memberikan kesembuhan kepada kita. Dengan bersabar pula ketika sakit maka akan mengurangi dosa kita. Sebagaimana firman Allah SWT:

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi roji’uun’. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk ”. (QS. Al-Baqaroh : 155-157).

Ketika sakit kita hendaknya berikhtiar dengan cara berobat misalnya ke Dokter atau dengan obat-obatan tradisional di sekitar rumah atau lingkungan kita. Dibarengi dengan Do'a memohon kesembuhan seperti yang dicontohkan oleh nabi kita Muhammad SAW. Berikut ini Do'anya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبِأْسَ، اشْفِ أَنْتَ الشَافِي لاَ شَافِيَ إِلاَّ أَنْتَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَفَمًا
“Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi, antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah, Rabb sekalian manusia, yang menghilangkan segala petaka, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tak ada yang bisa menyembuhkan kecuali Engkau, sebuah kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (HR. Al-Bukhari)

Bagi yang masih sakit semoga cepat sembuh dan beraktifitas kembali seperti sedia kala....
Advertisement

Kalender Hijriyah